Kamis, 31 Mei 2012

Tips Sukses Bekerja Dalam Kelompok


Percaya atau ngga, yang namanya bekerja dalam kelompok itu salah satu kegiatan yang menarik. Bekerja dalam kelompok itu sama saja seperti kita bermain bersama teman-teman tapi dengan dibubuhi sebuah tugas. Ngga Cuma hal-hal seru yang kita dapat, didalam bekerja bersama kelompok kita juga mendapatkan banyak sekali manfaat tentunya.
Kalau tugas yang kita kerjakan itu sulit, dengan kerja kelompok tugas yang harusnya sulit dipikul sendiri akan terasa ringan karena dikerjakan bersama-sama. Tetapi ngga hanya karena bersama-sama kita mengerjakan, kita juga harus efektif dalam mengerjakan tugas tersebut dalam kelompok. Agar terdapat keefektifan dalam kelompok, dalam kelompok tersebut harus ada kesamaan tujuan. Kesamaan tujuan disini dimaksudkan agar dalam kerja kelompok tugas lebih terkendali. Selain dengan adanya kesamaan tujuan, setiap orang itu harus lebih mementingkan prioritas kelompok daripada prioritas masing-masing individu, hal ini bertujuan agar ego kita lebih berkurang dan dapat menghargai satu sama lain.
Kunci sederhana dalam bekerja kelompok itu adalah adanya komunikasi yang baik antara satu dengan yang lainnya sesama kelompok. Selain komunikasi yang baik, rasa percaya terhadap teman sekelompok juga penting, karena rasa saling percaya ini akan menumbuhkan komitmen pada setiap anggota. Rasa saling percaya ini juga memberikan kenyamanan bagi setiap individu untuk saling bertukar pikiran dan berbagi ketika adanya masalah yang timbul.
gimana kita mau ngasih tugas atau kepercayaan sama temen kita kalau dalam diri kita udah ada rasa ngga percaya sama temen sendiri? Maka dari itu rasa percaya itu penting J Jika rasa percaya dan komunikasi telah terjalin dengan baik dan lancar, potensi untuk membuat tim atau kelompok kerja untuk maju itu… Banyak!  
Setiap kelompok harus memiliki pemimpin kelompok juga, dengan tujuan kerja dalam kelompok lebih terurus dan tertuju berkat adanya pemandu dalam kelompok. Sebagai pemimpin yang baik, sang pemimpin harus pintar menempatkan dirinya dalam kondisi apapun. Misalnya, ketika para anggota kelompok berada dalam keterpurukan, si pemimpin kelompok harus bias memotivasi [ara anggota kelompoknya agar tetap semangat dan tidak tetap pada keterpurukannya. Untuk sang pemimpin kelompok, banyak tips juga nih supaya tidak sulit dalam menjadi pemimpin dan sukses dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin kelompok.
Sebagai pemimpin tim, sifat bijaksana kalian tuh harus keluar agar para anggota kelompok juga respect sama kamu. Rasa saling mengerti dan memahami sebagai nketua kelompok juga harus ada, agar sang pemimpin kelompok bias menjadi penengah atau menjadi penasehat bagi para anggota yang kurang mengerti. Rasa saling mengerti dan memahami sebenarnya bukan hanya untuk sang ketua kelompok, para anggota juga harus memiliki sifat itu pada anggota lainnya. Rasa saling mengerti dan memahami ini bisa juga dimulai melalui sharing-sharing kecil tentang pengalaman setiap individunya, diharapkan setelah adanya sharing bisa menambah rasa saling mengerti dan memahami.
Dalam memahami seseorang, sebelumnya kita harus memiliki sifat yang penting juga nih, yaitu menghargai. Sang pemimpin kelompoki harus bias menghargai anggotanya dan harus member dorongan agar tercapai tujuan kelompok tersebut. Kita harus bisa menghargai  seseorang kalau kita mau dihargai juga. Dengan maksud, apabila mau dihormatin, hormati dulu yang lainnya JJJ
Mungkin segini aja yang bias dikasih buat tips-tips dan masukan supaya kerja kelompok menjadi sukses dan lebih menyenangkan. Semoga bermanfaat ya buat kita semua J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar