Rabu, 03 Oktober 2012

Demo Buruh (Rabu, 3 Oktober 2012)

Hari ini buruh di Jabodetabek mengadakan demo besar-besaran, hal ini dikarenakan para buruh yang tidak terima atas outsourcing yang ada di perusahaan mereka. Mereka berdemo dari pagi hingga sore, dengan tujuan memperjuangkan hak yang harus mereka terima dari kewajiban yang sudah mereka jalankan.
Aksi ini dilaksanakan dalam bentuk mogok kerja, selain mogok kerja mereka melakukan sweeping terhadap pabrik yang tidak melakukan demo. Atau dengan kata lain mereka mengajak para buruh di perusahaan lain untuk melaksanakan demo juga. Tetapi demo hari ini bersifat politis, mengapa? karena mereka melakukan demo massal dan menuju ke istana negara.
Demo hari ini tidak menyebabkan beberapa tol ditutup karena beberapa polisi sudah mengamankan agar tidak terjadinyua kemacetan. Tapi, masih saja di jalan-jalan industri macet total atau beberapa ruas jalan harus ditutup dikarenakan demo.
Selain  para buruh sibuk berdemo, para pengusaha juga mengeluh karena seringnya demo buruh menyebabkan investasi mereka menuruin. Menurut mereka, nantinya para investor asing tidak akan menanamkan modal terhadap perusahaan mereka lagi.
 

Menurut Ade, demo selayaknya tidak dilakukan anarkis dan besar-besaran menyerbu lembaga pemerintahan. Menurutnya, demo diperbolehkan hanya di tingkat perusahaan. Apapun yang dituntut oleh para pendemo hari ini, tidak serta merta bisa didengar pemerintah, bahkan aksi ini cenderung akan sia-sia. Pasalnya, menurut Ade, jika tuntutannya dituruti, hal ini akan menjadi pemicu demo-demo lain di waktu yang akan datang.
Aspirasi buruh dalam demo hari ini mencakup beberapa hal, misalnya yang disampaikan oleh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI)"Hapuskan outsourcing, tolak upah murah, jalankan jaminan sosial kesehatan masyarakat pada 2014 bukan 2019. Dengan iuran jaminan kesehatan tetap dibayar pengusaha. Dan jagan korupsi," kata Presiden KSPI Said Iqbal.
           Sumber :  http://finance.detik.com/read/2012/10/03/150837/2053716/1036/pengusaha-demo-hari-ini-bermuatan-politis?f9911023

ini di flyover cikarang

fly over cikarang 2

jababeka 1

para polisi berjaga-jaga di GT Cikarang
Selain itu ternyata di GT cikarang ditutup, berikut beritanya
"GT Cikarang Barat kita alihkan ke arah GT Cikarang Utama arah Deltamas, Cikarang Pusat. Sebab, jalur GT Cikarang Barat tersumbat oleh aksi demonstrasi buruh di sekitar kawasan Jababeka," ujar Petugas Piket Sentral Komunikasi Jasa Marga, Supangat, di Bekasi.
Sumber :  http://www.metrotvnews.com/metronews/news/2012/10/03/108410/Tol-Cikarang-Barat-Ditutup-Akibat-Demo-Buruh/6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar